Bayang Bayang

Kadang-kadang kita berfikir setelah MPP akan usaha apa.  Kita ada perasaan takut gagal, ditipu orang, takdir kita sudah ditentukan dll. Lalu kita menjauh dari apa yang kita pikirkan. Kita tidak  berani mencoba.  Atau ya belajar dari omset kecil dulu, untuk mencari jalan dan pengalaman.

Kata orang  Inggris “Experience is a good teacher” ( pengalaman adalah guru yang baik”), “ Where there is a will , there is a way” ( dimana ada kemauan di situ ada jalan ).

Nasehat Pak Kyai Fuad Affandi dari Ciwideuy yang sukses mengelola pondok dan enterpreneur

“ Jangan keluar bila belum  masuk “. Intinya masuklah dengan sudah diperhitungkan sebelumnya/ sudah dibuat study kelayakan bisnis. Jika nanti mendapat tantangan/hambatan itu harus kita atasi , memang itulah rahasia yang ada dalam usaha itu.  Jika anda menemukan solusinya maka terlihatlah cakrawala yang  luas, kita jadi terang menapaki jalan yang tadinya  terlihat hanya setapak kaki. Perintah Yang Maha Menunjukkan “ Yaa ayyuhalladzina amanu, jahadu fiina lanahdiyanakum subulana.”    ( Hai orang-orang beriman  berusahalah engkau dengan sungguh, sungguh engkau KU tunjukkan jalanKU. “). Tak lupa mintalah kepada Alloh agar dikabulkan apa yang anda minta. FirmanNYA “ Yaa ayuhalladzina amanu ud’u ni astajib lakum” ( Hai orang-orang beriman berdoalah kepadaku, niscaya AKU kabulkan bagimu).   Kita ingat cerita bagaimana Kolonel Sanders(pensiun) menawarkan resep ayam goreng , lebih dari ratusan restoran tak mau menerima, tapi ia terus menawarkan resepnya akhirnya diterima oleh suatu restoran. Yang sekarang menjadi Kentucy Fried Chicken terkenal diseluruh dunia.   Pepatah Jawa “ Sopo kang temen bakal tinemu”( Siapa yang sungguh-sungguh tentu akan bertemu dengan yang dicita-citakan).

Tetapi saudaraku ada 3 macam doa:

1.  Dikabulkan ( kita berdoa langsung diterima/ dikabulkan apa yang kita minta)

2. Diganti (permintaan kita tidak dikabulkan, tetapi diganti dengan yang lain). Misalnya kita minta istri yang cantik, tetapi kita dapatkan yang pandai memasak .

3.  Ditunda. Hakekatnya ini yang kita temui nanti di hari akhirat.

Kita jangan takut bayang bayang nanti tidak bisa, jauhkan itu.

Alloh berfirman “ Inni fi donni abdi “ ( Sesungguhnya aku dalam persangkaan hambaku). Oleh sebab itu berbaik sangkalah kepada Tuhanmu, jangan ber buruk sangka. “Inni bakdo doni ismun’ ( Sesungguhnya sebagian persangkaan itu dusta ). Bapak ibu jangan memarahi anaknya yang berlebihan karena kata kata orang tua itu sebagai doa. Berilah contoh tauladan mereka akan mencontoh kita. Kata orang Jawa “ Kacang ora ninggal lanjaran “ ( kacang tidak akan meninggalkan tangkai yang digunakan merambat ).

Nabi Ibrahim a.s ( nenek moyang bangsa Israel dan bangsa Arab),  disuruh pergi oleh Alloh dari Yerusalem kearah timur sampai di padang pasir gersang di Mekah, lalu disuruh kembali oleh Alloh dengan meninggalkan istrinya(Siti Hajar) dan anaknya (Ismail) yang masih kecil. Siti Hajar berkata ya suamiku kalau itu perintah Alloh kerjakanlah,  Alloh tentu menolong kita .

Kemudian Siti Hajar berlari-lari kecil (sai) diantara  bukit Sofa  dan Marwa mencari air. Kemudian Alloh menurunkan burung untuk menggaruk garuk dipadang pasir  di sekitar Ka’bah  ternyata keluar air

yang dikenal dengan Sumur Zam-zam. Setelah kembali ke Yerusalem Alloh memberi lagi seorang anak

dari istri tuanya (Sarah) seorang anak yang bernama Iskak( nabi yang menurunkan bani Israel)

Semoga bermanfaat

Semarang, 5 Juli 2010

Sani-san

Pos ini dipublikasikan di Forum Islam. Tandai permalink.

3 Balasan ke Bayang Bayang

  1. murawi berkata:

    kadang seseorang itu bukannya takut sama bayang2, namun sudah mensyukuri apa yang telah diberikan alloh dan merasa yakin dgn apa yg dilakukan. sehingga tidak harus mengikuti irama orang lain. terimakasih.

  2. Rizal Tea berkata:

    Iya Mas San, hal seperti itu sering saya rasakan juga, terimakasih atas motivasinya.
    wass

  3. Asep Salmon berkata:

    Terima kasih kang, sangat bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s