Macam Macam Haji

Ada 3 macam cara melaksanakan ibadah haji:

  1. Haji Qiron(gabung) , yaitu melaksanakan ibadah haji, dimana ihrom umroh dan ihrom haji digabung menjadi satu, dengan membawa hadiah yaitu seekor onta yang selalu ikut bersama kita. Jadi sejak berpakaian ihrom dari miqod sampai melempar jumroh aqobah onta selalu ikut terus dan akhirnya disembelih sebagai hadiah/kurban. Cara ini tak mungkin dilakukan sekarang.
  2. Haji Ifrod(pisah-pisah), yaitu melaksanakan ibadah haji, dimana ihrom umroh dipisahkan dengan ihrom haji, jadi umroh dilaksanakan diluar bulan haji. Karena umrohnya diluar bulan haji maka tidak terkena dam. Biasanya dilaksanakan orang Mekah. Untuk orang Indonesia /luar Saudi Arabia maka harus berpakaian ihrom sejak miqodnya dan baru lukar setelah melempar jumroh aqobah. Jadi berpakaian ihrom dalam jangka lama kadang bisa mencapai 1 bulan atau  lebih.Tidak dikenakan dam. Para jamaah jarang melaksanakan haji  dengan cara ini karena lama mengenakan pakaian ihrom/terkena larangan-larangan jika berpakaian ihrom.
  3. Haji tamatu’ (senang-senang), yaitu melaksanakan ibadah haji, dengan melaksanakn umroh dulu di bulan haji, kemudian lukar dan dikenakan dam seekor kambing. Setelah lukar ini boleh berhubungan suami istri sampai acara ibadah haji dimulai, makanya disebut haji dengan senang senang.   Setelah tgl 8 Dulhijah(hari Tarwiyah) maka mulai ibadah haji dengan mandi besar dan berpakaian ihrom solat 2 rekaat dari hotel lalu  berniat haji (Labaik Allohumma hajan).   Bisa towaf -sai lalu menuju padang Arofah,sehingga sekembali dari Mina ke Baitulloh tinggal towaf saja( towaf  ifadhoh). Towaf ifadhoh adalah towaf sebagai penutup ibadah haji.  Ini wajib dilakukan, para jamaah haji jangan sampai lupa. Untuk jamaah haji diatur pada hari Tarwiyah dari hotel setelah berpakaian ihrom,solat dan niat maka naik bus menuju Arofah langsung( biasanya) malam sudah di Arofah, untuk menantikan acara wukuf  dihari esok. Waktu menyembelih kurban di Mina tgl 10 s/d hari Tasjrik(tgl 11-13 Dzulhijah).

Keterangan :

Hari Tarwiyah : tgl 8 Dzulhijah

Hari Arofah     : tgl 9 Dzulhijah(jamaah haji wukuf di tanah halal/padang Arofah).

Sekian dulu, semoga bermanfaat dan selanjutnya Insya Alloh kami kirimkan  mengenai Umroh.

Semarang, 2 Nopember 2010

Sani-san

Pos ini dipublikasikan di Forum Islam. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Macam Macam Haji

  1. murawi berkata:

    meskipun sebagian besar diantara kita sudah melaksakan ibadah haji, namun keterangan ini cukup baik utk diketahui. sambil nostalgia. nuhun san.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s