Arahan Urusan Bakalan Pensiunan

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Menjelang dan Setelah Pensiun

Rekans alumni SKSD yang berbahagia,

Hari Sabtu pagi, juragan milis Om Saptono nelpon saya dan beliau menyarankan untuk membuat tulisan kecil sebagaimana judul tulisan ini.  Ok, saya sanggupi. Tulisan ini saya mengggunakan referensi dari apa yang telah dipresentasikan teman dari Dapentel saat kita reuni tempo hari.

  1. Hak dan Fasilitas Karyawan Saat Menjalani MPP Normal

Selama menjalani MPP kita masih menerima Hak dan fasilitas dari PT Telkom (enak yaa, nganggur dibayar hehe..), berupa:

 Gaji Bulanan, sebagai Karyawan Aktif terakhir (masih besar boo..)

 Kenaikan Gaji Dasar 8%, bagi yg belum menerima pada tahun berjalan

 Kenaikan Tunjangan Dasar, sesuai nilai kompetensi terakhir.

 Faskes, lewat Yakestel.

 Tunjangan Hari Raya.

 Tunjangan Cuti Tahunan.

 Insentif dan Jasprod

 BPFP/ BBP, yang besarnya disesuaikan dengan sisa masa MPP

2.  Hak & Fasilitas Karyawan Yang Berhenti Bekerja (Normal/ 56 th)

 Manfaat Pensiun (MP), dibayarkan setiap bulan.

 Tabungan Hari Tua (THT)

 Kenaikan Gaji Penghargaan (10%), bagi yg Pensiun Normal, Cacat, meninggal dunia.

 Bantuan Fasilitas Perumahan Terakhir BFPT), masa kerja min. 20 thn

 Bantuan Peningkatan Kesejahteraan (BPK)

 Penghargaan Purnabhakti, masa kerja min. 10 thn

 Uang Perjalanan Pensiun / Ongkos Pulang kampung, sebesar Rp. 4 Juta

 Pengembalian simpanan Kopeg & Tabungan Wajib Perumahan dr Koptel

 Santunan Asuransi, dari Telkom.

 Santunan Asuransi, dari Jamsostek.

3.   Kapan MP Mulai Dibayar dan Kapan Berakhir

¨  Pensiunan menerima Manfaat Pensiun (MP) mulai tanggal 1 bulan berikutnya setelah ybs berhenti bekerja (mencapai usia56 th).

¨  Berakhir pd saat meninggal dunia dan dilanjutkan oleh ahli waris, yaitu janda/duda/ anak s.d meninggal dunia (untuk anak s.d usia 25 th), besar Mp nya diperkirakan sebesar 60% s/d  75% dari MP Pesert

4. CaraMenghitung Besar Manfaat Pensiun

¨  Peserta sebelum 20 APRIL 1992 ( kite2 masuk kelumpok ini ya..)

MP = 1,632 x (MK x F x GD) + 30.000 + 60.000

¨  Peserta sesudah 20 APRIL 1992 (yunior2 kite..)

MP = MK x F x PhDP + 60.000

¨  Peserta sebelum 20 April 1992 dan Pensiun mulai 1 Juli 2002 , ada tambahan 2x GD.  (Bagi teman2 yang Pendi, tidak ada tambahan 2x GD, karena tambahannya sudah “dinilai tunaikan” saat Pendi dan dibelikan DPLK.)

PhDP = Penghasilan Dasar Pensiun = 2,4 x Gaji Dasar

F = Faktor Penghargaan Masa Kerja per tahun (2,5% per tahun)

MK = Masa kerja maks 30 thn

5. Syarat-Syarat yang Diperlukan untuk Ngurus Pensiun :

Mengisi Surat permohonan pembayaran MP (Form 1) dilampiri:

1. FC SK. Pengangkatan Pertama

2. FC SK. Pengangkatan Pegawai Perusahaan

3. FC SK. Pemberhentian

4. FC Surat Nikah, KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran Anak

5. FC Buku Tabungan

6. Kewajiban Peserta SetelahMenjalani Masa Pensiun

¨  Melakukan pembaharuan data secara berkala baik data keluarga & alamat setiap semester 1 kali, dengan melakukan data ulang secara on-line di Bank yang ditunjuk (BNI) . Kalau rekans tidak memperbaharui, DAPENTEL akan ragu-ragu untuk membayar dan akan menunda dulu pembayaran MP-nya.(nah loe..puasa…)

¨   Menginformasikan  Perubahan/ mutasi Penerima Manfaat Pensiun status diri, misal meningal dunia, janda/ duda kawin lagi, Pensiun Anak berumur di atas 21 tahun sudah bekerja, tidak sekollah, atau sudah menikah.  Bila tidak segera dilaporkan dan akhirnya diketahui maka DAPENTEL diwajibkan menagih kembali dan atau ahli warisnya hrs mengembalikan.(kacian ahli waris plus malunya itu bah…))

¨   Menyampaikan NPWP bagi yang seharusnya punya  Bagi yg tidak melaporkan akan dikenai pajak 120% dari tarif dan yang 20% harus dibayar sendiri oleh Pensiunan.(gpp kok..nyumbang negara…)

¨  Memberitahukan ke DAPENTEL bila pada saat memasuki masa pensiun belum menerima SK Pemberian Manfaat Pensiun (SK PMP)

7. Sarana Informasi yang Tersedia

¨  Web DAPEN TELKOM (www.dapentel.co.id)

¨  P2TEL, baik Pusat, Wilayah maupun Cabang

¨  Buletin “Media P2TEL”

¨  Majalah “Patriot”

¨  Portal Telkom (portal.telkom.co.id)

8. Penanganan Keluhan Pensiunan/ Peserta Aktif Pensiunan/ Peserta Aktif yang ingin mengajukan pertanyaan/ kebutuhan/ keluhan terhadap layanan DAPENTEL dapat secara langsung/ pos/ telepon/ SMS/ facsimile / email/ web dengan alamat:

DANA PENSIUN TELKOM

Jl. Surapati 151

Bandung – 40123

Telp: 022-2500983

SMS:022-70719017; 70719018

Fax: 022-2530297

Email:dapentel@plasa.com

Web: www.dapentel.co.id

 

Bandung, 30 Oct 2010

Wahyudi Salasa

Pos ini dipublikasikan di AlumniNews. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Arahan Urusan Bakalan Pensiunan

  1. Rizal Tea berkata:

    Tks, Mas Yud, info yg bermanfaat menjelang MPP spt aq.
    wass

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s