Bawang Putih, Obat yang Manjur

Para dokter sudah sejak dulu menggunakan bawang putih untuk mengobati pasien mereka. Berabad-abad yang lalu, Hipokrates dan Dioskorides, para tabib Yunani, menyarankannya untuk obat gangguan pencernaan, kusta, kanker, luka, infeksi, dan gangguan jantung. Pada abad ke-19, ahli kimia Prancis Louis Pasteur meneliti bawang putih dan menjabarkan khasiat antiseptiknya. Di Afrika pada abad ke-20, Albert Schweitzer, seorang dokter dan misionaris yang terkenal, menggunakan bawang putih untuk mengobati penyakit disentri amuba dan penyakit-penyakit lain. Ketika para dokter militer Rusia kehabisan obat-obatan modern selama Perang Dunia II, mereka menggunakan bawang putih untuk mengobati prajurit yang terluka. Itulah sebabnya bawang putih dikenal sebagai penisilin Rusia. Belum lama ini, para ilmuwan telah meneliti khasiat bawang putih untuk sistem peredaran darah.

Jadi, bawang putih sangat penting untuk makanan serta pengobatan, dan aroma serta cita rasanya benar-benar khas. Di manakah bawang putih tumbuh untuk pertama kalinya? Beberapa ahli botani yakin bahwa herba ini berasal dari Asia Tengah, dan dari sana menyebar ke seluruh dunia. Marilah kita menyoroti sebuah tempat di Belahan Bumi Barat yang terkenal dengan bawang putihnya.

Menanam Bawang Putih di Constanza

Lembah Constanza, di Republik Dominika, beriklim sedang. Lembah itu dikelilingi pegunungan dan tanahnya subur dengan curah hujan yang limpah. Constanza adalah tempat yang cocok untuk menanam bawang putih.

Pada bulan September atau Oktober, para petani di Constanza menyiangi dan membajak ladang mereka, membuat alur yang masing-masing berjarak 1 meter. Di antara alur-alur itu, mereka membuat tiga atau empat alur lagi yang lebih dangkal untuk tempat menanam bawang putih. Sementara itu, para pekerja memilah-milah siung dari umbi bawang putih yang utuh. Setelah siung-siung itu direndam dalam air selama 30 menit, para pekerja menanamnya di alur-alur yang telah dipersiapkan tadi. Bawang putih tumbuh di daerah yang suhu udaranya sejuk di Dominika.

Panen dimulai pada bulan Maret atau April. Para pekerja mencabut tanaman bawang putih yang sudah dewasa dan membiarkannya tergeletak di ladang selama lima atau enam hari. Kemudian, mereka mengumpulkan bawang putih, memotong akar dan ujungnya, dan menaruh umbi yang bersih di wadah terbuka yang disebut cribas. Supaya tetap awet, panenan bawang putih dalam cribas tersebut dijemur seharian. Kemudian, bawang putih pun siap dijual.

Mungil Bentuknya, Menyengat Baunya

Sewaktu menyantap sup atau salad yang lezat, Anda bisa langsung tahu jika ada bawang putih di dalamnya. Tetapi, mengapa umbi bawang putih yang masih utuh tidak berbau? Bawang putih mengandung zat-zat kimia yang ampuh dan saling terpisah sampai bawang itu ditumbuk atau diiris. Sewaktu Anda mencincang bawang putih, enzim alliinase bersenyawa dengan zat alliin. Terjadilah reaksi spontan yang menghasilkan allicin, sumber aroma dan rasa bawang putih yang khas itu.

Sewaktu Anda menggigit bawang putih segar, allicinnya seakan-akan menyembur dalam mulut Anda. Suka atau tidak, Anda akan langsung dikelilingi aroma bawang putih. Bagaimana caranya agar napas Anda tidak terlalu berbau bawang putih? Supaya aromanya hilang, cobalah mengunyah beberapa helai peterseli atau beberapa butir cengkeh.

Namun, ingatlah bahwa bau bawang putih dalam napas Anda terutama berasal dari paru-paru. Sewaktu Anda makan bawang putih, sistem pencernaan memindahkannya ke aliran darah, lalu membawanya ke paru-paru. Baunya yang tajam keluar sewaktu Anda mengembuskan napas. Jadi, obat kumur dan peterseli tidak akan menghilangkan bau bawang putih dalam napas Anda. Adakah jalan keluar yang jitu untuk problem ini? Belum ada. Seandainya semua orang di sekitar Anda makan bawang putih, mungkin tidak ada yang akan terganggu!

Di banyak negeri, hampir tidak ada makanan tanpa bawang putih. Bahkan, di negeri-negeri yang sedikit menggunakan bawang putih, banyak pemakan bawang putih yang percaya bahwa manfaatnya jauh melebihi kerugiannya

Ronny OPS

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Bawang Putih, Obat yang Manjur

  1. Kang Ronny, ada yang bisa menghilangkan bau bawang putih dari nafas, makanlah “pete” dari mas Ipin, percayalah bawang putih akan hilang, berganti dengan “bau pete” he..he, coba aja kang Rony

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s