Bade Kamana Juragan?

Ceunah, kata kata bijak para Juragan di milis flexi yang sempat saya catat karena pantas  dikonsider sebagai owner guidelines bagi arah kegiatan Alumni 166 lbck, yaitu :

  1. Saat member milis melewati angka lebih dari 100, tepatnya pada hari SALASA, Juragan Yudi memberikan komentar : “100 Kepala dengan 1000 keinginan”, yang artinya kita ini sangat heterogen & broadband.
  2. Pada hari Jum’at, Juragan Umar sambil ngelus elus janggutnya menimpali : “Ojo gegeden krapyak timbangane cagak” yang artinya : jangan terlalu kebesaran keinginan daripada kemampuan atau dengan kata lain nafsu besar tenaga kurang. Artinya pilihlah prioritas kegiatan yang common sense dan bisa dilaksanakan.
  3. Kemudian di hari Minggu sore, Juragan Adjat Tea yang sedang duduk megangi dengkul yang As-Ur lagi kambuh ngomentari : “Kita sekarang ini sudah memiliki banyak keterbatasan” . Karena usia, pensiun, keuangan dan domisili, hal ini  secara Faktual  membuat keterbatasan kita. 
  4. Hari Salasa minggu berikutnya, Juragan Yudi (sambil berteriak karena harga saham turun tajam) mengirim sms : “Kelebihan ada disekujur tubuh kita, keterbatasan hanya ada di persepsi kita”. artinya memotivasi  kita bahwa keterbatasan Insya Allah akan dapat diatasi dengan semangat, keuletan dan kreativitas yang tinggi.
  5. Ketika lagi nongkrong di warung kopi, para Juragan GUNs (Gunaryo, Gunawan dan Gunarno)  memberi ceramah kepada para pengunjung  warung kopi bahwa sebuah karya/kegiatan itu bisa terwujud karena kontribusi : kekuatan ide/konsep =10%, perencanaan = 20% dan Do = 70%. Biasanya kelemahan yang  menyebabkan kegagalan adalah karena kontributor Ide/konsep = berjibun melimpah ruah, Kontributor Perencanaan = saling tunjuk dan Kontributor Do = Denial oee. Namun kita bukanlah termasuk golongan orang2 yang demikian, Insya Allah.

PR kita adalah menemukan ruang yang menjadi interseksi dari 5 owner guidelines tersebut diatas. Untuk tahap permulaan ini, mata saya yang sudah berkacamata Minus, Plus dan Silindris ini menemukan ruangan interseksi tersebut adalah, dari ribuan ide dan keinginan tersebut, dipilih 5 kegiatan  yang paling common sense,  bermanfaat, valuable, terjangkau kemampuan dana dan dapat dilaksanakan.

Diusulkan, kegiatan tersebut adalah :

  1. Kegiatan Silaturahmi
    • Silaturahmi virtual : Nasional wide, setiap saat, relative murah dan any where.
    • Silaturahmi tatap muka  Regional : triwulanan, per regional (bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya), biaya agak tinggi, lebih emosionalc.
    • Silaturahmi tatap muka Nasional : 1 or 2 tahun sekali, seperti apa masih terasa sampai sekarang.
  2. Update & Sharing Informasi Alumni (data alumni, Berita Duka, Berita Bahagia etc)
  3. Update & Sharing Ilmu, Pengalaman dan Peluang melalu diskusi.
  4. Kegiatan Sosial
  5. Kegiatan Olah Raga

So, perlu dibentuk organisasi/kepengurusan disetiap regional dan kepengurusan hasil reuni 13 Okt 2010 perlu dilengkapi.

JER BASUKI MAWA BEA, sumber pendanaan untuk menunjang  kegiatan perlu juga disepakati. Iuran bulanan memang bagus dan ideal, namun berdasarkan pengalaman agak sulit dari aspek konsistensinya…. so what gitu looh.

And, Media Komunikasi akan sangat menunjang dan sangat diperlukan dalam kegiatan ini, banyak keterbatasan yang kita hadapi dapat tersolusikan dengan media yang kita gunakan. .Kita gunakan media sbb :

  • Flexi Milis : close system, borderless, cepat dan lengket tapi terbatas pada text pendek/sms, sehingga cocok digunakan untuk media silaturahmi virtual, broadcast informasi urgent & emergency dan ngobrol asyik ala warung kopi  …  he3x.
  • Web Log (Blog) : cukup close system, borderless, cepat dan contain lebih leluasa tapi kebanyakan tidak lengket setiap saat. Sehingga cocok untuk media silaturahmi virtual, update & sharing informasi dan diskusi.
  • Next …. apalagi.

Okelah kalau begituuu, tulisan diatas hanyalah bahan untuk diskusi kita, sehingga sangat diharapkan ide/masukan/gagasan/koreksi para Juragan di kolom komentar dibawah ini.

Bandung, 23 Okt 2010.

Salam,

Saptono. Mursid (smu) / ex SBS Tarakan.

Pos ini dipublikasikan di AlumniNews. Tandai permalink.

25 Balasan ke Bade Kamana Juragan?

  1. Admin berkata:

    Para Sobat, berikan masukan, gagasan dan kritik untuk penyempurnaan….

  2. SMU berkata:

    Kirimkan tulisan Rekans dengan format word ke forumsksd@gmain.com. Saya yakin banyak uneg2, pengalaman, pengetahuan dan ilmu dari Rekans yang sangat baik untuk diposting di Blog ini. Ditunggu ya…

  3. Untuk kegiatan disetiap daerah terutama diluar Bandung (kalau di bandung kebetulan pengurus alumni yg baru berdomili di bandung), perlu dibentuk agar ada wacana ataupun kegiatan silaturrahmi di daerah tersebut untuk mempererat persaudaraan, yang dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali. tks wasalam, oke mas Saptono atau bagaimana rekan2 yang lain ????

  4. uud berkata:

    Salut bagi teman-teman yang berhasil membuat wahana ini untuk ajang silaturachmi. Untuk kang asep kalau ada file foto dengan resolusi yang lebih tinggi bisa mengganti foto yang buram ini. Trims

  5. jok berkata:

    good, . . good, . . good, . . . gak salah pilih kan? . . . . lanjutkan . . . . . setuju, kita mulai dari hal kecil dulu, tidak usah muluk-muluk . . . . selanjutnya biarkan tumbuh secara alami . . . . insya allah, kita semua sudah berada pada tahap “berpikir bijak” . . . geus ah, sakieu heula . . . . nuhun gan.

  6. medi berkata:

    congrats,….ketika kita masuk perumtel tag linenya adlh “memperpendek jarak di dunia”,..Alhamdulillah kita termasuk pioner didalamnya utk mewujudkan itu,…disisi lain ada wujud persatuan, sinerji diantara kita, bocah ndeso, kutha, orang batak, sunda,jawa, madura, landa,dll menepis sekat menyatu melalui kanal resmi 166, kanal gelap 710 (palone), 505, dll
    congrats,… menjelang udzur persatuan tsb masih melekat erat, melalui media ini….terimakasih Tuhan,….terimakasih kawan

  7. trikin berkata:

    Bagus, bagus……. saya baru sempat buka web ini setelah tahu dari sms.
    Terimakasih Ketua & rekan2 yg membantu terciptanya media ini, sehingga rekan2 semakin banyak & semakin leluasa menuangkan gagasan, tausiah, pengalaman, pesan, nasihat, dll melalui media ini.
    Salam untuk rekan2 semua

  8. bachrul berkata:

    Mantab(makan tabungan kaleee,hehhehe)akan menjadi pesaing milis fleksi,bagaimana menyikapinya?sementara msh banyak alumni yg tdk bisa akses ke gmail

    • Alumni SKSD berkata:

      Lung ini saling komplemen kok dng flexi milis, Harus kita yakini dan sepakati bahwa ini adalah cara yg paling mudah dan paling murah utk kita yg tersebar domisilinya. Ditunggu artikelmu tentang khasiat jamu medure yo

  9. Iwan berkata:

    sy baru sempat buka … ternyata.
    Siiiplah ….. sbg langkah awal , ini sdh sangat bagus … sangat membantu utk saling sharing berbagai hal yang bermanfaat. slalu bisa bersilaturahmi setiap saat.
    Selamat & Salam utk rekan2 semua.

  10. Dharta berkata:

    Wah…. apik tenan, makasih kpd pengurus dan rekan2 yg sudah memfasilitasi sarana komunikasi silaturahmi kita melalui media ini. Banyak hal bermanfaat yang kita dapatkan dan sangat membantu utk mem-follow up hasil reuni kita. Salut dan salam buat rekan2.

  11. Lasbi berkata:

    Wah Siiip lah …… mo konfirmasi, apa unt temen2 yg diluar milis flexi sudah ada yg meninfokan mengenai blog ini ….

    • Alumni SKSD berkata:

      Belum ada Om Lasbi, memang ini maslah kita. Disatu sisi tidak ada cara yg lebih efektif drpd flexi milis, blog dan cara virtual laiinya. disisi lain agak susah kalau variasi medianya banyak. Kalau Om Lasbi punya GSM temen2 yg tdk punya Felxi bisa juga di SMS in. Tks

  12. farid berkata:

    Wah ini sangat bagus Mas Ketua (SMU) atau barangkali perlu ada kelompok visi ya.. agar ngobrolnya lebih enak dan tentu yg paling ueenak jika kita bisa menemukan satu stream yg semua cocok.

  13. ipien berkata:

    Alhamdulillah . . . ,
    sepertinya masih tahapan ‘brain storming’ . . . , jalanin saja ‘mengelinding bak air mengalir’ , setuju dg cak joko . . .
    biarkan makin banyak masukan . . . , insyaalloh akan ketemu karena intinya ‘mengerucut’ . . betul mas faried “satu STREAM” = aliran yg merdu . . . Amien

  14. hepur berkata:

    punten pisan baru buka .
    Mas smu sing ganteng
    ide yang bagus sekali , guna meningkatkan silaturahim diantara rekans alumni
    sambil ngemong incu kita tukaran info .

  15. muslich m berkata:

    Menyadari kita relatif sdh tuwir (kata kang Asep lhoo..)…bgmn arah “stream” yg dihrpkan oleh mas Faried…itu kita kerucutkan pd ..bidang/aspek ” kesehatan dan keagamaan ” sebagai bekal program MMS ( Mati Masuk Surga) , pgm dulu jamannya pak Kris … salam
    mm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s