PROPOSAL PENANAMAN MODAL UNTUK PENDIRIAN USAHA MINI MARKET

I. Latar Belakang

Dari sebuah artikel yang di posting di Blog AlumniSKSD yang berjudul “Membangun Pilar Perdagangan Islami melalui pasar modern (modern mart)”, tulisan dari Ir. H. Achmad Gunawan Rukmana, yang dimuat secara bersambung dalam 3 bagian. Artikel ini membuat ketertarikan para alumni dan mendiskusikan melalui Flexi millist ngalor ngidul sampai ketinggalan sepur. Akhirnya pada tanggal 27 Feb 2011 kita adakan sharing knowledge melalui presentasi dan diskusi yang dsampaikan oleh nara sumber Ir. H. Gunawan & Team didepan kurang lebih 35 alumni.

Berlanjut dari itu, semakin menggebu para alumni berniat membuka satu mini mart sebagai pilot project yang direncanakan dibangun dengan modal dari para alumni. Atas dasar tersebut, disusunlah proposal sederhana ini agar para alumni dapat memahami apa,kenapa, dimana dan bagaimana dari rencana pendirian mini mart tersebut, sehingga para alumni dapat memutuskan dengan pemahaman yang clear segala resiko dan benefitnya.

II. Konsep & Model Bisnis

Secara phisik mini mart yang akan dibangun tidak akan nampak beda dengan mini mart lain yang ada sekarang ini, yaitu sebagai retail outlet/toko untuk kebutuhan pokok sehari hari masyarakat/konsumen. Dari hasil paparan dan diskusi dengan Ir H Achmad Gunawan Rukmana dan Team, secara garis besar KONSEP BISNIS yang akan kita jalankan adalah sbb :

1.     Perdagangan ini berlandaskan kepada perdagangan Syariah.

2.     Toko/Outlet yang dibangun akan beroperasi sebagai retail outlet untuk konsumen dan sebagai grosir/sub distributor bagi pedagang kecil disekitarnya yang menjadi member toko .

3.     Pendapatan usaha akan diperoleh dari keuntungan penjualan retail, keuntungan sebagai grosir /sub distributor bagi jaringan pedagang sekitarnya dan pendapatan dari placement promosi oleh principal produk di Toko kita.

4.     Toko ini akan dibangun dengan tampilan modern seperti layaknya mini market modern saat ini dan memiliki 2 counter, yaitu counter depan untuk melayani konsumen retail dan counter belakang untuk melayani pedagang kecil kulak-an (membeli dagangan).

5.     Toko ini akan dilengkapi dengan system aplikasi yang antara lain memiliki fungsi sebagai cash register, management stock, setting price, setting margin dll.

Sedangkan untuk MODEL BISNIS minimart yang kita bangun adalah Minimart MANDIRI, tidak ada ikatan usaha apapun dengan siapapun seperti misalnya system Francise, Dealer ship atau Model Bisnis lainnya yang saat ini berkembang. Dalam hal ini Ir H Achmad Gunawan dan Team akan berperan sebagai Konsultan, Developer, Konektor dan Supervisi (Team KDKS) dalam dalam pendirian minimart ini.

Sebagai konsultan akan melakukan survey lapangan untuk menentukan kelayakan, prospek, daya beli masyarakat, kebutuhan barang dari masyarakat/konsumen s/d per-izin-an nya.

Sebagai Developer, akan melakukan membangun minimart ini mulai dari tampilan phisik, penataan rack dan ruang, penataan barang, system aplikasi, SOP, melatih karyawan dll s/d toko siap operasi.

Sebagai Konektor, akan menghubungkan toko ini dengan Distributor barang/produk yang akan dijual, dan menjamin toko ini akan mendapat pasokan dagangan dengan kualitas yang baik dan harga bersaing.

Sebagai Supervisor, akan mensupervisi beroperasinya Toko selama 6 bulan dan selanjutnya tetap akan membantu bila ada masalah secara “On Call Basis”.

Wooouuu, sebuah konsep dan dukungan yang sangat baik. Bagaimana dengan pendapat Anda ?

III         Rencana PerMODALan

Estimasi modal awal yang diperlukan untuk mendirikan minimart ini adalah Rp300.000.000,-. Kebutuhan Modal tersebut akan dikumpulkan secara patungan dari para Alumni SKSD angkatan 74-76 dan 73-75 dengan cara sbb :

1.     Kebutuhan modal akan dipecah pecah menjadi Satuan Unit Modal (SUM).

2.     Nilai 1 (satu) SUM = Rp1.000.000,-

3.     Pemilik SUM hanya untuk anggota Alumni (Private)

4.     Satu Alumni boleh memiliki SUM minimal 1 lembar dan maksimal 20 lembar.

5.     Pemilik SUM sebagai pemilik Toko tidak dapat menguangkan kembali SUM ke Toko.

6.     Jual Beli SUM hanya diperbolehkan antar sesama Alumni dengan persetujuan dewan pengurus.

7.     Bila Pemilik SUM meninggal dunia, SUM hanya bisa diwariskan ke Isteri atau anak Kandung.

8.     Benefit dan Resiko pemilik SUM  dapat dilihat pada Butir VI.

IV        Rencana Pengelolaan

Rencana pendirian mini mart akan diberi nama (branding) yang unik, eye catching dan ditetapkan  penamaan mini mart adalah GroMart

Rencana pengelolaan mini mart akan dibagi menjadi tahapan sbb :

1.     Tahap Persiapan yang meliputi pekerjaan : membuat bisnis proposal, pengumpulan Modal, menetapkan aturan main, mencari lokasi, penamaan mini mart dan perizinan. Tahap ini dikelola oleh SATGAS dan di damping oleh Team KDKS.

2.     Tahap Development yang meliputi rehab/modifikasi gedung, survey lapangan, pengadaan prasarana, penataan, pengisian dan pengaturan barang, pembangunan system aplikasi, prosedur (SOP), pelatihan SDM (Mgr dan Pramuniaga) s/d Toko beroperasi. Tahap ini akan dikelola oleh Team KDKS dan didampingi SATGAS.

3.     Tahap Operasi yang meliputi :

a.     Untuk Operasional sehari-hari, layanan penjualan, pengisian barang, stock opname, reporting dan pengamanan akan dilaksanakan oleh Manager Toko, Pramuniaga dan PAM.

b.    GM Toko yang bertugas untuk Supervisi, stock opname bulanan, laporan keuangan bulanan, evaluasi usaha dan pengembangannya, pemegang rekening Toko dan sebagai interface antara operasional Toko dengan Pemilik Toko, akan dilaksanakan oleh Sdr Latief Nasharudin  dan Said Ali.

c.     Pada tahap awal, selama 6 bulan, operasi Toko akan didampingi oleh Team KDKS.

V.        Proyeksi  Finansial

Dengan estimasi :

1. Nilai investasi sebesar Rp 300.000.000,-

2. Sales per Day sebesar Rp 10.000.000,-

3. Biaya per Bulan sebesar Rp14.300.000

4. Gross Profit Toko sebesar 12 % dari omzet/sales Toko

5. Gross Profit Jaringan Usaha sebesar 4% dari omzet/sales Jaringan

6. Pendapatan dari placement promotion sebesar Rp 1.000.000/bulan

Serta dengan mempertimbangkan bahwa ini adalah perniagaan syariah, maka dalam perhitungannya biaya modal (cost of fund) dengan suku bunga sebesar 0% (tanpa interest).

Maka, proyeksi financialnya untuk 36 bulan adalah sbb :

1. Pay Back Periode akan dicapai pada bulan ke 19, artinya pada bulan ke 19  tersebut apabila seluruh keuntungan bersih (Net Profit) dikembalikan ke pemodal, maka 100% modal sudah kembali dan Toko masih cukup modal untuk beroperasi normal.

2. Break Event Time (BET) dengan tingkat keinginan IRR=2% perbulan akan dicapai pada bulan ke 23,  artinya pada bulan ke 23 tersebut apabila seluruh keuntungan bersih (Net Profit) dikembalikan ke pemodal, maka 100% modal sudah kembali dan pemodal mendapat keuntungan sebesar IRR=2%, Selanjutnya Toko masih cukup modal untuk beroperasi normal.

3. Pada bulan ke 36, proyeksi tingkat IRR yang diperoleh sebsar 4.3 %

Detil perhitungan dapat dilihat pada table excel terlampir.

VI        Benefit dan Resiko Bisnis

Secara garis besar benefit yang akan diperoleh dari penanam/pemilik SUM adalah sbb :

1.     Ikut berkontribusi memperkenalkan dan menegakkan perdagangan Syariah.

2.     Membantu dan membesarkan pedagang kecil disekitarnya melalui jaringan usaha.

3.     Mendapatkan keuntungan financial dari pembagian keuntungan usaha

4.    Sebagian keuntungan usaha akan disisihkan untuk keperluan tabungan pengembangan usaha dan untuk kegiatan Amal/Sosial atas nama pemilik SUM.

5.     Apabila usaha lancar dan dipercaya distributor, akan terjadi pengambilan barang ke distributor secara kredit, sehingga sebagian modal menjadi idle dan dapat disisihkan sebagai residu operasional.

Resiko Usaha yang bisa saja terjadi adalah sbb :

1.     Omzet penjualan (sales per day) minimum tidak tercapai, sehingga keuntungan tidak dapat menutupi biaya operasional. Resiko ini akan kita minimalkan dengan pemilihan lokasi dan program promosi.

2.     Dalam bisnis Retail, resiko kehilangan barang adalah sangat besar  Fungsi supervisi dan stock opname yang ketat akan meminimalkan resiko ini.

3.     Bangkrut karena miss management atau musibah lainnya.

Pola Bagi Hasil yang diberlakukan adalah sbb :

1.     Keuntungan Bersih (Net Profit) Tahunan akan dibagi sbb :

a.     10% Net Profit disisihkan untuk Amal atau Dana Sosial.

b.    30% Net Profit disisihkan sebagai tabungan pengembangan usaha

c.    60% Net Profit dibagikan secara proporsional sesuai kepemilikan SUM kepada pemilik SUM.

2.     Residu operasional maupun residu karena usaha tutup akan dibagikan secara proporsional sesuai kepemilikan SUM kepada pemilik SUM.

VII         Tata Cara Penanaman SUM

Setelah membaca dan memahami proposal ini, diharapkan para alumni segera mendaftarkan untuk memiliki SUM dengan cara sbb :

1.     Mendaftarkan diri ke sekretaris SATGAS (Mas Sutrikin) secara tertulis melalu sms no …. atau email ….. yang isinya Nama dan komitment jumlah SUM yang akan dibeli.

2.     Setelah ada pemberitahuan dari SATGAS segera transfer sebesar SUM yang dibeli ke  rekening Bank Mandiri  No. 131 000 989 8976  a/n Abdurochim Karma Sentika qq Alumni SKSD

3.     Bukti kepemilikan SUM akan dikirimkan kemudian.

4.     Total Pemilik SUM pertama adalah SUM Pendiri dan memiliki total nilai sebesar 90% dari aset

VII       Penutup

Demikian proposal ini disampaikan kepada seluruh alumni, untuk ditelaah para Alumni, Semoga dapat membantu dalam memutuskan bergabung dalam usaha bersama ini secara clean memahami hak, kewajiban dan resiko dari rencana usaha ini.

Proposal adalah estimasi dan proyeksi yang harus kita pahami sebagai minimum target yang harus dicapai, pencapaian riil akan sangat ditentukan dari persiapnan, lokasi dan kerja keras Tim dalam me running usaha ini.

Salam,

Bandung,27 Maret 2011

SATGAS .

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di AlumniNews. Tandai permalink.

6 Balasan ke PROPOSAL PENANAMAN MODAL UNTUK PENDIRIAN USAHA MINI MARKET

  1. Selamat sobats, ini rasanya sudah jodoh antara nama alumni “SKSD” dengan nama konsultan “KDKS”. semoga berhasil

  2. eni berkata:

    referensi

  3. Para temans Satgas, biaya untuk konsultan dalam lampiran kok tara ada

  4. Nono Suparno SE, Ak berkata:

    Sorry baru daftar sekarang, tapi sudah transfer utk beli SUM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s